Corona Virus COVID-19 adalah bahayanya dan penularannya.

Corona Virus COVID-19 adalah bahayanya dan penularannya.

Corona Virus COVID-19 adalah bahayanya dan penularannya.

Apa itu coronavirus?

Coronavirus merupakan suatu kelompok virus yang ditemukan pada hewan dan manusia. Sebagian tipe coronavirus menginfeksi manusia dan dikenal menyebabkan penyakit mulai dari batuk pilek sampai yang lebih serius seperti Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat (SARS).

Apa itu “novel” coronavirus?

Novel coronavirus (CoV) ialah suatu bawaan coronavirus yang sebelumnya tak teridentifikasi pada manusia. Coronavirus baru (novel), yang sekarang dinamakan 2019-nCoV, sebelumnya belum pernah terdeteksi, hingga walhasil wabah coronavirus dilaporkan terjadi di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019.

Apakah virus baru ini sama dengan SARS?

Tidak, 2019-nCoV memang berasal dari klasifikasi virus yang sama dengan Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS-CoV) tetapi ialah suatu virus yang berbeda.

Apakah virus baru ini berbahaya?

Seperti penyakit pernapasan lainnya, infeksi 2019-nCoV bisa menyebabkan gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Bagi sebagian orang, gejalanya bisa lebih parah, dan memunculkan radang paru-paru (pneumonia) atau kesulitan bernapas. Sejumlah kecil kasus penyakit ini menyebabkan kematian. Orang lanjut umur (lansia) dan orang-orang dengan situasi medis yang dimiliki sebelumnya (seperti diabetes dan penyakit jantung) terindikasi lebih rentan menderita penyakit yang parah karena virus ini.

Apakah manusia bisa terinfeksi 2019-nCoV dari hewan?

Penelitian menggambarkan bahwa SARS-CoV ditularkan dari musang ke manusia di Tiongkok pada tahun 2002 dan MERS-CoV dari unta ke manusia di Arab Saudi pada tahun 2012. Beberapa ragam coronavirus tersebar dari hewan ke hewan dan belum mulai menginfeksi manusia. Seiring dengan meningkatnya surveilans (pemantauan) di semua dunia, ragam coronavirus lainnya kemungkinan akan ditemukan.

Binatang yang menjadi sumber penularan 2019-nCoV belum dikenal, namun hal ini bukan berarti seseorang dapat terkena 2019-nCoV dari semua tipe hewan atau dari hewan peliharaan. Kemungkinan hewan sumber penularan 2019-nCoV di Tiongkok berasal dari pasar hewan segar di Tiongkok. Untuk melindungi diri Anda ketika berada di pasar hewan segar, hindari kontak segera dengan binatang hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan binatang, tanpa mengaplikasikan alat pelindung.

Konsumsi produk hewani mentah atau tidak matang sempurna perlu dihindari. Daging mentah, susu, atau organ binatang mentah perlu ditangani dengan hati-hati dan disesuaikan dengan praktik keamanan pangan guna menghindari kontaminasi silang dengan makanan yang tak dimasak.

Facebook Comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*